Pages

Rabu, 25 April 2012

Situs Web Perpustakaan


 Penerapan Situs Web di Perpustakaan
Sebagai Sarana Publikasi dan Komunikasi dengan Dunia Luar 
Era Teknologi Informasi, merupakan babak baru dalam perkembangan sejarah manusia. Era ini telah menyajikan arti sebenarnya dari sebuah “kemudahan“.  Kemudahan tidak hanya diartikan “ Instan” tetapi lebih dari itu, kemudahan juga dimaknai sebagai “ Kecepatan, Ketepatan dan Kenyamanan “.  Maka tidak heran banyak instansi / perusahaan yang mulai tertarik mengaplikasikan Teknologi Informasi dalam mempermudah kegiatan keseharian mereka, tidak terkecuali dengan Perpustakaan.
Perpustakaan sebagai salah satu instansi yang berkecimpung didunia pelayanan publik selalu dituntut memberikan pelayanan yang maksimal kepada penggunannya. Maka dari itu pengaplikasian Teknologi Informasi Mutlak dilakukan oleh Perpustakaan. Bukan saatnya lagi perpustakaan menunggu penggunannya untuk datang. Kreativitas perlu dikedepankan dalam menjemput penggunannya. Perpustakaan tidak cukup dengan menghasilkan produk yang baik saja, tetapi tampilan menarik juga dibutuhkan. Dengan kreativitas diharapkan akan memunculkan aktivitas-aktivitas yang semakin menguntungkan pengguna.
Menjawab Tantangan tersebut, dalam beberapa tahun terakhir telah banyak perpustakaan yang mulai memasukan piranti TI ke dalam kawasan Perpustakaan, salah satunya yaitu situs web, tujuan tidak lain yaitu untuk meningkatkan kemampuannya dalam pelayanan dan penyebarluasan informasi. Dengan adanya situs web perpustakaan tersebut, diharapkan pemustaka khususnya civitas akademika bisa lebih mudah dalam memperoleh informasi secara efektif dan efisien.
Secara lebih rinci manfaat situs web dibagi menjadi dua yaitu manfaat situs web bagi pengguna civitas akademika maupun untuk perpustakaan. Manfaat situs web untuk pengguna civitas akademika adalah untuk penelusuran informasi guna memenuhi kebutuhan akademik pengguna, sedangkan untuk perpustakaan dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan penyebarluasan informasi. Selain itu ada manfaat lain dari penerapan situs web di Perpustakaan adalah:
1)      Sebagai media komunikasi antara perpustakaan dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya: komunikasi antara pustakawan dengan pemustaka terkait hal- hal yang menyangkut perpustakaan, komunikasi antar pemustaka melalui media forum atau form kontak di website, komunikasi antara perpustakaan dengan institusi perpustkaan lain di dalam daerah/luar daerah,
2)      Sebagai media resmi perpustakaan untuk media publikasi informasi resmi ke masyarakat, seperti: Pengumuman, Pers release, Berita resmi perpustakaan.
Penerapan situs web diperpustakaan, secara tidak langsung juga telah memberikan peluang baru bagi perpustakaan dalam hal penyajian informasi, karena perpustakaan dengan mudah dapat menyebarluaskan informasi yang dikoleksinya, mempublikasikan berbagai informasi tentang perpustakaan, dan kegiatannya seperti brosur promosi perpustakaan, panduan perpustakaan dan lain–lain. Semua fasilitas situs web tersebut dapat diakses oleh pengguna sivitas akademika, baik pengguna potensial maupun pengguna aktif tanpa terhalang oleh batas ruang, tentu saja dengan syarat ada koneksi internet.
        Didalam sebuah situs web, perpustakaan juga bisa menyediakan alat temu balik informasi katalog dan juga bisa mempublikasikan bahan yang tidak diterbitkan seperti koleksi deposit perguruan tinggi. Selain itu, melalui situs web dimungkinkan pelayanan perpanjangan, peminjaman, konsultasi antara pengguna dengan pustakawan, penyedia hubungan dengan situs web terkait dan lain sebagainya. Untuk contoh dari situs web perpustakaan, disini saya mencontohkan situs web Perpustakan UIN Sunan Kalijaga , yang dapat diakses di http://www.lib.uin-suka.ac.id . Di website ini anda akan mengetahui tentang perpustakaan UIN suka, diantaranya : Koleksi perpustakan, layanan perpustakaan, fasilitas perpustakaan, catalog online dsb.


Referensi :
1)      …”Analisis Pemanfaatan Situs Web Perpustakaan USU Untuk Kegiatan Akademik : Studi Kasus Pengguna Layanan Digital Perpustakaan USU (pdf) “ dalam  http://prepository.usu.ac.id diakses 31 Maret 2012.
2)      Pakar Web “ Fungsi Web ” dalam http://pakarweb.com , diakses 29 Maret 2012.

0 komentar:

Posting Komentar