Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Menerawan Perpustakaan di Era TI


Menerawan Perpustakaan di Era Teknologi Informasi

Era Informasi tidak terlepas dari peran teknologi yang dominan di segala bidang. tidak terkecuali di Perpustakaan. Sejak beberapa tahun terakhir  Perpustakaan telah menggunakan teknologi informasi dalam pendistribusian informasinnya. Hal itu bisa dibuktikan, bila kita berkunjung ke perpustakaan akan sangat lazim dijumpai beberapa set computer  digunakan dalam kegiatan sehari-harinya. Hal itu sebagai bukti respon perpustakaan terhadap tuntutan user yang menginginkan informasi tersedia secara cepat, akurat dan fleksibel.


       Di era teknologi informasi, bukan saatnya lagi perpustakaan menunggu penggunannya untuk datang. Kreativitas perlu dikedepankan dalam menjemput penggunannya. Perpustakaan tidak cukup dengan menghasilkan produk yang baik saja, tetapi tampilan menarik juga dibutuhkan. Dengan kreativitas diharapkan akan memunculkan aktivitas-aktivitas yang semakin menguntungkan pengguna.
         Derasnya laju informasi juga memaksa perpustakaan lebih jelih dalam menyeleksi informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunannya. Karena tidak semua informasi yang tersedia mengandung nilai edukasi. Memang bukan pekerjaan mudah menyeleksi informasi ditengan banjir informasi seperti sekarang ini, untuk itu sekali lagi peran teknologi sangat dibutuhkan oleh perpustakaan.
      Wujud nyata pengaplikasian teknologi informasi di perpustakaan adalah munculnya beberapa software otomasi perpustakaan seperti senayan, siprus, koha, NewGenlib, Athenaeum  dsb. Aplikasi-aplikasi tersebut muncul sebagai tindak lanjut penerapan teknologi yang dikembangkan diperpustakaan, karena kedepannya Perpustakaan dituntut untuk selalu memposisikan sebagai “ nahkoda informasi ”. Artinya informasi tidak cuma berhenti di perpustakaan.saja akan tetapi perpustakaan juga dituntut bagaimana cara menyebarkan informasi kepada keseluruh pengguna yang memerlukan.
       Diharapkan dengan diterapkannya teknologi informasi diperpustakaan, membuat perpustakaan mampu bersaing sebagai penyedia informasi ditengah arus globalisasi. Karena seperti kita tahu globalisasi telah menciptakan era baru dimana informasi bisa diperoleh dengan mudah, murah dan cepat, seperti lewat internet, talkshow dsb.

Referensi : Menggagas Perpustakaan Modern Di Masa Depan  [Strategi Pemanfaatan Teknologi Informasi Melalui Kreativitas Pustakawan]  karya  : Chakim Musthofa
Gambar diambil dari :  digilib.uns.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar