Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Peran & Tantangan Perpustakaan


Peran & Tantangan Perpustakaan

       Perpustakaan tidak dipungkiri memiliki andil besar dalam perkembangan  pendidikan terutama diindonesia, karena perpustakaan menyediakan informasi yang lengkap dan bisa diakses oleh siapa saja. Tentu saja setelah kita menjadi anggotannya. Karena bila kita lihat pembelajaran disekolah pasti membutuhkan buku, sedangkan belum tentu semua siswa mampu membeli buku maka perpustakaan adalah solusi terbaiknya.

         Tapi belum semua orang menyadari betapa penting sebuah perpustakaan, seperti contoh masih banyak sekolah yang tidak memiliki perpustakaan ada pula sekolah yang sudah memiliki perpustakaan tapi tidak dirawat dengan alasan tidak ada dana. Melihat kenyataan -kenyataan tersebut maka para pustakawan ditantang untuk menyelesaikannya dan menyadarkan kembali masyarakat tentang  betapa penting sebuah perpustakaan.
         Maka tak heran mulai bermunculan universitas yang menambah  program studi ilmu perpustakaan sebagai salah satu jurusannya , selain itu banyak pula diklat-diklat tentang perpustakaan diindonesia yang semuannya tadi berusaha mencetak calon-calon pustakawan untuk mengatasi keresahan terhadap keberadaan perpustakaan yang mulai tergerus oleh informasi global melalui internet
       Selain itu sekarang banyak perpustakaan modern yang berdiri dengan menambahkan kemajuan teknologi didalamnya seperti adanya perpustakaan digital sehingga pemustaka lebih banyak yang bisa mengakses data tanpa harus gentian dengan pemustaka yang lain,tentu saja dengan jaringan internet, sehingga mengubah images perpustakaan masa lalu yang hanya sebagai tempat kumpulan buku-buku
       Perpustakaan modern biasanya menerapkan pelayanan mandiri, maksudnya pemustaka meminjam dan mengembalikan buku mandiri tanpa melibatkan pustakawan, jadi pemustaka lebih leluasa dalam proses pemimjaman maupun pengembalian buku. Tetapi yang disayangkan dengan program ini pelayanan bergantung pada listrik, jadi ketika listrik mati maka proses pinjam meminjam buku tidak bisa dilakukan selain itu program ini juga sangat bergantung pada koneksi jarinagan internet.
      Walaupun begitu tidak menyurutkan penggunaan internet di lingkungan perpustakaan karena masih banyak manfaat yang diperoleh. Walaupun dengan adanya internet di lingkungan perpustakaan justru merubah fungsi perpustakaan dari yang sebelumnya sebagai gudang ilmu menjadi tempat chating. Tapi itu juga tidak semua hanya sebagian orang yang kurang menyadari fungsi dari sebuah perpustakaan.
        Selain internet instansi perpustakaan juga ditantang masalah pelayanan, sebab masih ada beberapa perpustakaan yang asal-asalan dalam melayani para pemustaka, alhasil para pemustaka menjadi tidak nyaman dan akhirnya menjadi malas ke perpustakaan. “ andai pelayanan diperpustakaan sebaik pelayanan di bank “ . mungkin pemustaka akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di perpustakaan.
       Masalah SDM juga tidak kalah penting, karena jika lihat masih ada beberapa pustakawan yang tidak memiliki latar belakang perpusakaan dan juga diklat-diklat kepustakawanan, yang lebih disayangkan biasanya hanya lulusan sma, sehingga tidak mengetahui seluk beluk masalah pengolahan koleksi, alhasil koleksi menjadi tidak tertata dengan teratur dan menyulitkan pemustaka ketika mau mencari buku yang diinginkan. Faktor tersebut juga bisa membuat pemustaka kapok / jera pergi keperpustakaan. 
      Untuk menyadarkan kembali kepada masyarakat akan pentingnya sebuah perpustakaan memanglah tidak semudah yang dibayangkan, perlu kerja sama antara pustakawan dan juga pemerintah, karena tidak dipungkiri campur tangan dalam ini akan berdampak baik, Sebagai contoh pemerintah memiliki program “menumbuhkan kembali minat baca masyarakat”, denganharapan  semakin tingginya minat baca masyarakat diharapkan keinginan masyarakat untuk melirik keberadaan perpustakaan semakin terbuka lebar.
       Sebaik-baiknya usaha tidak akan berjalan jika tidak ada kesadaran diri, mungkin ungkapan tersebut sesuai, artinya sekuat apa usaha pihak perpustakaan serta pemerintah dalam menyadarkan kembali akan pentingnya sebuah perpustakaan, tetapi masyarakatnya tidak mau tahu, atau tidak memiliki kesadaran, maka sia-sialah usaha yang dilakukan pihak perpustakaan serta pemerintah tersebut.Jadi disini peran kesadaran sangatlah penting. 

Gambar diambil dari :  smartreputation.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar