Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Perpustakaan Vs Internet


Perpustakaan Vs Internet

Memasuki era Globalisasi , membuat segala sesuatu berevolusi menjadi lebih canggih. Tidak terkecuali dengan perkembangan informasi yang semakin hari menunjukkan kemajuan yang signifikan. Akan tetapi perkembangan tersebut secara tidak langsung membuat perpustakaan sebagai penyedia informasi memilki rival yang bisa dikatakan cukup berat. Sebut saja internet, teknologi  satu ini tidak dipungkiri telah menjadi virus akut yang menjangkit pikiran masyarakat luas, hingga akhirnya mengubah kebiasaan-kebiasaan mereka menjadi instan dimana segala sesuatu dituntut tersedia dengan mudah dan cepat, Memang sangat dramatis melihat perkembangan internet setiap waktunya bak jamur yang tumbuh subur kala musim hujan datang.


       Kondisi tersebut membuat Perpustakaan sebagai sarana penyedia informasi sedikit tersisihkan , bagaimana tidak ? kemudahan dan kenyamanan yang disuguhkan internet telah membuat masyarakat tergiur untuk menggunakannya ketika mencari informasi, bayangkan saja  pencari informasi hanya cukup dengan menuliskan keyword  yang dicari dan dalam hitungan detik semua yang dibutuhkan tersaji didepan mata, bandingkan dengan repotnya mencari informasi di sebuah Perpustakaan, berjam-jam hanya mengelilingi buku-buku disetiap rak, seringkali juga ketika user menanyakan kepada petugas akan keberadaan buku yang dicari , maka hanya jawaban klasik ini yang akan diterima, "Maaf, bukunya sedang dipinjam. 3 Hari lagi baru kembali". Lagi-lagi menunggu hanya sekelumit informasi. Tak khayal kondisi tersebut mambuat sebagian user kucewa dan beralih menggunakan Internet.
     Terlepas dari polemik diatas , disadari atau tidak kita masih membutuhkan keberadaan Perpustakaan dalam mengawal laju informasi, karena seperti kita tahu informasi yang disediakan oleh internet tidak semuanya bersifat  ilmiah dalam artian dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu Internet juga memiliki keterbatasan dalam hal akses dimana kualitas dari informasi tergantung dari kemampuan pengunjung untuk mengakses computer dan kemampuan dalam proses penelusuran. Itu saat berbeda bila kita bandingkan dengan Perpustakaan, dimana  koleksi yang berada diperpustakaan telah memalui tahap seleksi yang memungkinkan semua koleksi Perpustakaan bersikap ilmiah atau dapat dipertangjawabkan.
      Melihat fakta – fakta diatas , seperti sangat sulit menentukan mana yang lebih baik antara Perpustakaaan dan Internet karena keduannya memiliki kelebihan yang tidak tidak dimiliki satu dengan yang lain . selain itu kedua penyedia informasi ini memiliki peminat fanatik sendiri – sendiri , misalnya saja seorang yang memiliki waktu lebih luang maka orang tersebut akan mengunjungi Perpustakaan , sedangkan seseorang yang sibuk dapat dipastikan Internet akan menjadi solusinya.
    Bila kita renungkan lebih jauh, sebenarnya hadirnya Internet selain menjadi pesaing Perpustakaan juga telah ikut merangsangi Perpustakaan menciptakan inovasi-inovasi luar biasa. Sebut saja hadirnya Perpustakaan Digital , itu merupakan suatu bukti tindak lanjut dari perpustakan guna bersaing dengan Internet. Hadirnya Perpustakaan Digital juga dimaksudkan untuk memberi pelayanan maksimal kepada user , karena Perpustakaan ini sudah terkoneksi dengan Internet sehingga mudah diakses dimana saja tidak kalah bila dibandingkan dengan Internet.
   Tidak ada kesempurnaan didunia ini, karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. ungkapan tersebut seakan mendamaikan ditengah persaingan sengit antara Perpustakaan Vs Internet . sehingga tidak ada gunanya kedua penyedia informasi terus bersaing dalam mengejar kesempurnaan. Hal yang cukup masuk akal yaitu dengan melakukan kerjasama, sehingga kelebihan dari keduannya bisa dimaksimalkan dan sebaliknya kekekurangan dari keduanya bisa diminimalisir. Usaha tersebut sekirannya akan semakin memudahkan user dalam mencari informasi sesuai yang diinginkan dan hasil dari informasi tersebut bersifat ilmiah atau dapat dipertanggungjawabkan.



Gambar Diambil dari : "gamesinlibraries.blogspot.com"






0 komentar:

Posting Komentar